navigasi

7 May 2015

Cara Menaruh Tracking ID dari Google Analytics Di Template Default Blogger

Untuk menerapkan cara ini Anda harus sudah punya Tracking ID dari Google Analytics, Kalau belum punya, silahkan daftar disini Google Analytics.

Cara ini sudah saya test dan berhasil, tadinya sih saya sempat kesulitan menaruh tracking ID dari Google Analytics di blog. Dari beberapa tips yang saya baca di blog saya terapkan tapi tidak berhasil. Tapi akhirnya saya berhasil menaruh tracking ID dari Google Analytics dengan cara:

1. Dari Blogger Dashboard Klik tanda panah kebawah dan Klik setting. Lihat gambar dibawah ini:



2. Dari menu Setting Basic Klik Other. Lihat gambar dibawah ini:


3. Dari menu Setting Other pada textbox di belakang tulisan Analytics Web Property ID isi dengan tracking ID blog Anda, Contoh: UA-12345678-2 Lihat gambar dibawah ini:


4. Klik Save Settings(dipojok kanan atas). Selesai.


Setelah melakukan 4 langkah setting diatas kemudian dari dashboard Admin Google Analytics, Klik Tracking Info, Terus Klik Tracking Code dan Pencet F5/Refresh Page dari keyboard. Kalau Status: Receiving Data berarti Tracking ID sudah terinstall. Tapi kalau Status: Not Installed, tunggu saja sampai 24 jam baru cek lagi.
Waktu saya menerapkan tutorial ini butuh waktu kurang lebih 24 jam baru ada keterangan Status: Receiving Data

Catatan: Cara ini berlaku untuk blog yang memakai Default Template dari Blogger.

Related Posts

No comments:

Post a Comment